Perkembangan Teknologi Pengemasan Aseptik


 

Pengemasan aseptik adalah pengemasan yang membuat produk tahan lama di outlet distribusi pada suhu ruang, tidak perlu disimpan di lemari pendingin, dan tidak memerlukan bahan tambahan pengawet. 

 

Perkembangan terakhir yang sedang populer adalah proses pengemasan aseptik untuk produk yang mengandung partikel seperti nata de coco. Prinsipnya hampir sama dengan proses aseptik hanya saja untuk sterilisasi produk dan mesin pengisian berbeda. Untuk sterilisasi produk dilakukan menggunakan 2 UHT jenis tubular supaya partikel bisa lewat. Yang pertama adalah sterilisasi produk cairan masuk ke aseptic tank kemudian partikel disterilisasi dengan UHT tubular kedua juga masuk ke aseptic tank yang ada agitatornya kemudian masuk ke mesin pengisi. Mesin pengisi ini memiliki nozzle filling yang mampu melewatkan partikel.

Artikel selengkapnya baca di FOODREVIEW INDONESIA edisi Agustus 2017 "Beverages: Thirst Quenching Industry"

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...