Peluang Seasonings di Industri Pangan


 

Seasonings didefinisikan sebagai seluruh bumbu yang digunakan pada produk pangan sebelum melalui proses pemasakan. Sedangkan, condiment adalah seluruh bumbu yang diaplikasikan pada produk pangan setelah melalui proses pemasakan. Meskipun memiliki perbedaan secara definisi. Namun, keduanya seringkali terkait dan tidak terpisahkan penggunaannya. 

 

 

"Garam biasanya masuk ke dalam seasonings. Tetapi, bisa juga berlaku menjadi condiment bergantung pada perlakuan penggunaannya," jelas Direktur SEAFAST Center, Prof. Nuri Amdarwulan dalam In-depth Seminar Foodreview Indonesia, Seasonings: Key Ingredients for Better Food Quality di Bogor, 8 Mei 2018. 

 

Selain karena fungsi dari seasonings maupun condiment yang kerap sekali digunakan, peluang terhadap produksi seasonings pun terhitung masih sangat luas. Secara global, produsen seasonings masih sangat minim dan hanya dimainkan oleh pemain kunci seperti Ajinomoto dan Kerry Group. 

 

"Peluang produsen seasonings ini masih terbuka lebar dan trennya pun terus meningkat, sehingga dapat menjadi kesempatan yang baik bagi industri pangan," tuturnya. Fri-35

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...