Pencantuman Label Alergen dalam Produk Pangan



Reaksi alergi yang terdapat pada produk pangan sangat umum sekaligus berbahaya. Alergi dari produk pangan biasanya melibatkan protein yang telah dicerna atau dikonsumsi. Beberapa bahan telah diklasifikasikan sebagai alergen seperti kacang, susu, telur, tree nuts, ikan, kedelai, gandum, dan lain-lain.

Dengan klasifikasi bahan yang ditetapkan sebagai alergen tersebut, maka produsen juga perlu memenuhi preferensi konsumen terkait dengan label alergen. Pencantuman label alergen juga menjadi sangat penting mengingat reaksi yang akan ditimbulkan dan dampak yang dirasakan oleh konsumen.

"Label alergen hingga kini masih disesuaikan dengan konsumen akhir dimana produk tersebut akan dijual nantinya. Contohnya seperti di Indonesia, label alergen pada kacang masih tidak diperlukan karena tingkat sensitivitas konsumen Indonesia yang tidak terlalu tinggi," jelas Technical Manager FSMS, Asia - SAI Global, Saleh Mulachela dalam seminar News Update Food Labelling in Indonesia yang diselenggarakan oleh Gs Consult di Jakarta pada 25 Juni 2019.

Lebih lanjut, Saleh juga mengungkapkan bahwa pencantuman label tersebut dapat disesuaikan dengan konsumen akhir yang akan dituju. Seperti halnya apabila produk tersebut akan diekspor ke negara dengan tingkat sensitivitas alergi terhadap kacang yang tinggi, maka label alergen sangat perlu untuk dicantumkan. Fri-35

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...