Untuk mengetahui tren produk dairy, maka perlu pula untuk memahami tren produk lain yang berkembang. Saat ini, batasan antara satu produk dengan produk lainnya sangatlah bias. Tidak ada batasan antara brand maupun ingridien yang digunakan. Banyak produsen kini memilih untuk berkolaborasi dengan brand lain agar dapat meningkatkan preferensi konsumen yang semakin selektif dan unik.
Pertumbuhan produk dairy di Indonesia juga termasuk dalam kategori pertumbuhan yang kuat untuk produk susu cair dan kategori pertumbuhan yang kecil untuk produk susu bubuk berdasarkan Data Retail Measurement Services, Nielsen (2018). Produk susu cair di Indonesia memang memiliki nilai yang sangat besar dengan nilai mencapai 14 triliun.
Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Juli 2019, Fermented Foods: Strong Trend in Food Industry. Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039.