Menuju Tren Pasar Global dengan Jaminan Produk Halal


 


Indonesia menjadi negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Masyarakat muslim cenderung menerapkan nilai-nilai agama atau syariat, khususnya dalam mengonsumsi pangan halal. Hal ini berdampak pada sektor makanan dan minuman halal yang selalu bertumbuh dan menjadi salah satu sektor dengan potensi terbesar di Indonesia. Sehingga menjadi keharusan bagi para produsen pangan beserta pemerintah dalam menyediakan dan menjamin kehalalan suatu produk yang akan dikonsumsi atau digunakan masyarakat.

Salah satu bentuk usaha penyediaan produk halal tersebut yakni dengan melakukan sertifikasi halal pada produk-produk pangan yang beredar. "Sertikasi halal untuk produk pangan sangat diperlukan demi memberikan identitas halal terhadap suatu produk. Dengan adanya sertifikat halal, maka sudah terjaminan bahwa tidak hanya kandungan dalam produk yang sudah pasti halal, namun dalam proses produksi dan distribusi juga dijamin kehalalannya," tutur Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal, Mastuki HS, dalam Seminar Jaminan Produk Halal yang diselenggarakan oleh Mastan, dalam rangkaian acara Food & Hotel Indonesia (FHI) pada 25 Juli 2019 di Jakarta. 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Komite Kebijakan Publik & Hubungan Antar Lembaga, Doni Wibisono juga menjelaskan, keberadaan label halal tentunya akan meningkatkan kepercayaan konsumen khususnya masyarakat muslim. Adanya label halal dalam produk juga mampu menjadikan nilai tambah dan daya saing produk halal di dalam maupun di luar negeri. "Jika nilai tambah meningkat, daya saing juga akan muncul. Indonesia tentunya sangat prospektif dalam menjadi trendsetter produk halal global jika para pemangku kepentingan mempersiapkan dan bekerja sama dengan baik," pungkas Doni. Fri-37

 

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...