Sirkular Ekonomi pada Industri Plastik dan Karet


Industri plastik dan karet menjadi salah satu bahan pendukung dalam industri pangan. Penggunaanya cukup krusial dan sangat penting terutama dalam menyediakan bahan pangan yang lebih aman.

Meski menemui berbagai macam kendala utamanya pada lingkungan, industri plastik dan karet tahun 2018 tumbuh sebesar 6,92% secara tahunan. Naik dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat 2,47%. 

"Jumlah industri kemasan plastik saat ini telah mencapai 892 perusahaan dan mampu menyerap 177.300 tenaga kerja. Sementara itu, permintaan produk plastik meningkat rata-rata sebesar 5-6% dalam lima tahun terakhir, jelas Direktur Industri Kimia Hilir dan Farmasi Kementerian Petindustrian RI, Taufik Bawazier dalam Tech Talk The Future of Plastics yang diselenggarakan di dalam Pameran Plastics & Rubber Indonesia, Jakarta 2019. 

Lebih lanjut, Taufik juga menuturkan bahwa urusan plastik ini adalah urusan bersama, di mana perlu sinergi yang baik antara pemerintah, produsen, dan konsumen untuk dapat memanfaatkan plastik secara maksimal termasuk dalam proses daur ulangnya. 

"Ke depan, proses sirkular ekonomi juga akan diterapkan dalam penggunaan plastik ini. Sehingga, plastik tidak menjadi kambing hitam dalam fokus lingkungan seperti saat ini. Plastik sangat membantu, perlu edukasi yang benar bahwa plastik bukanlah musuh," pungkasnya. Fri-35

 

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...