Meningkatkan Potensi UMKM Pangan Lokal


 

Tidak dapat dimungkiri, COVID-19 berdampak signifikan pada perekonomian domestik dan keberadaan UMKM. Bahkan, Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (Organisation for Economic Cooperation and Development/OECD) mengatakan bahwa pandemi ini berimplikasi munculnya ancaman krisis ekonomi besar. 

 

Kendati demikian, UMKM terutama yang terkait dengan pangan lokal memiliki potensi yang luar biasa. Sekitar 62 juta atau 99,99% dari total pelaku usaha adalah UMKM dan 3,2%-nya adalah UMKM pengolahan makan dan minuman. Kontribusi seluruh UMKM sekitar 60% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan UMKM juga menyerap 97% dari total tenaga kerja nasional.

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Juli 2020, Back to Basic: Food Safety First. Pembelian & Berlangganan hubungi kami: langganan@foodreview.co.id / (0251) 8372-333 / WA 0811-1190-039. 
Newsletter: http://bit.ly/fricommunity
Search FOODREVIEW on TOKOPEDIA

#foodreviewindonesia #foodscience #foodtechnology #ilmupangan #teknologipangan #industripangan #backtobasic #foodsafetyfirst #foodsafety

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...