Peran Protein sebagai Ingridien Pangan Nabati


 

Protein memiliki peranan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia. Karena peran tersebut, protein menjadi salah satu ingridien prioritas yang diharapkan konsumen untuk ada dalam produk pangan. Kendati demikian, konsumen saat ini memiliki pemahaman yang jauh lebih luas dari sekadar persoalan pemenuhan zat gizi untuk tubuh. Konsumen juga mulai memikirkan sistem pangan yang berkaitan dengan dampak lingkungan yang dihasilkan. Oleh karenanya, ada beberapa opsi langkah mitigasi yang dilakukan sebagai respon pada dampak perubahan iklim yang dihasilkan dari sistem pangan saat ini. Mitigasi tersebut berupa perubahan konsumen menjadi pelaku vegan, vegetarian, dan fleksitarian. Survei Innova (2020) yang dilakukan pada sebagian besar responden India, China, dan Indonesia menunjukkan bahwa salah satu alasan pembelian alternatif produk nabati adalah dampaknya yang baik untuk lingkungan/planet (43%). Faktor lain dan masih menjadi yang tertinggi adalah kesehatan (69%) dan memberikan ragam pola diet yang dilakukan (47%). 

 

Lebih lengkapnya silakan baca secara langsung FoodReview Indonesia edisi Oktober 2021: "Trends in Food Sustainability" dengan fitur digital interaktif yang dapat diakses pada https://bit.ly/fri21onlineoktober

Tidak mau ketinggalan setiap edisinya?
Daftar langsung untuk berlangganan (GRATIS) https://bit.ly/FRIDIGITAL 

Gabung dan lengkapi koleksi majalah FoodReview:
Newsletter: http://bit.ly/fricommunity 
Search FOODREVIEW on TOKOPEDIA & SHOPEE

#foodreviewindonesia #foodscience #foodtechnology #ilmupangan #teknologipangan #industripangan #trends #food #sustainability

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...