Peran Pewarna dalam Produk Pangan


 

Penggunaan pewarna dalam produk pangan memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan daya tarik visual, mengidentifikasi jenis produk, dan memengaruhi persepsi konsumen terhadap kualitas dan rasa suatu produk. Pewarna dapat meningkatkan penampilan produk dengan memberikan warna yang menarik dan menggugah selera, bahkan seringkali menjadi faktor pertama yang menarik perhatian konsumen. 

 

“Pentingnya peran pewarna ini membuat tantangan tersendiri yang perlu diperhatikan, terutama jika menggunakan pewarna alami seperti intensitas warna, bagaimana warna dipertahankan dalam suatu produk pangan dan lain sebagainya,” tutur Application Technologist, Kalsec Asia Pacific Pte Ltd, Chong Chian Nee dalam FoodReview In-Depth Seminar - Natural Color: Solution and Opportunity for Food Industry yang diselenggarakan oleh FoodReview Indonesia pada 10 Agustus 2023 di IPB International Convention Center Bogor. 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Tim Standardisasi dan Pengkajian Bahan Tambahan Pangan, Bahan Penolong, Kemasan, Cemaran, dan Cara Ritel Pangan yang Baik, Direktorat Standardisasi Pangan Olahan, Badan POM, Dra. Deksa Presiana, Apt., M.Kes juga menuturkan bahwa pewarna tidak hanya terbatas pada aspek visual, tetapi juga dapat memiliki implikasi pada cita rasa, tekstur, dan penerimaan produk oleh konsumen. Oleh karena itu, pemilihan pewarna yang tepat dan aman sangat penting dalam industri pangan untuk memastikan bahwa produk tetap menarik, aman dikonsumsi, dan memenuhi harapan konsumen. 

“Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan pewarna, di antaranya adalah keamanan pewarna, stabilitas, keberlanjutan dan ramah lingkungan, ketersediaan dan biaya, dasar hukum/regulasi serta intensitas warna dan preferensi konsumen,” pungkas Deksa.  Fri-35

Artikel Lainnya

  • Sep 17, 2024

    Kopi Indonesia: Tantangan di Tengah Perubahan Iklim

    Kopi, sebagai minuman telah menjadi bagian dari budaya global, yang dapat ditemui di berbagai sudut dunia. Diperkirakan 5 miliar cangkir kopi dikonsumsi setiap hari. ...

  • Sep 15, 2024

    PELUANG pengembangan Green Tea Powder & Matcha di Indonesia

    ​Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya gaya hidup sehat, minat konsumen terhadap produk green tea powder (GTP) dan matcha tea powder (MTP) di Indonesia terus mengalami peningkatan. Berbagai potensi manfaat kesehatan GTP dan MTP menjadikan produk-produk ini semakin diminati konsumen. ...

  • Sep 13, 2024

    Finding the Natural Ingredient for Food Preservation

    Utilizing natural antioxidants in food preservation not only helps maintain flavor, color, and nutritional quality but also aligns with the consumer demand for clean-label and health- promoting ingredients onsumers are increasingly aware of what is printed on the food label.  ...

  • Sep 11, 2024

    potensi & Tantangan bioteknologi & alternatif kopi

    Kopi telah menjadi komoditas unggulan Indonesia dan berperan penting dalam perekonomian negara. Selain itu, kopi juga telah menjadi bagian integral dari budaya masyarakat Indonesia, hal ini dapat dilihat dari maraknya kafe kopi dan berbagai kompetisi kopi yang digelar secara rutin. Akan tetapi, Kenaikan harga kopi yang signifikan telah menimbulkan tantangan baru bagi industri kopi. ...

  • Sep 05, 2024

    SNI Kopi Instan: Melindungi Konsumen & Menjamin Mutu Produk

    Kopi telah menjadi bagian dari budaya dan tak terpisahkan sebagai gaya hidup masyarakat Indonesia. Perkembangan budaya kopi saat ini ditandai dengan beragamnya jenis kopi, sampai pada cara produksi, penyiapan dan konsumsi kopi, sehingga memungkinkan setiap individu untuk menciptakan pengalaman minum kopi yang sesuai dengan selera dan gaya hidup mereka masing-masing. ...