Sebagai salah satu flavor house yang berkompeten di Indonesia, Firmenich Indonesia kembali menyelenggarakan workshop untuk para klien setianya. Dengan tema “Dairy the Next Generation”, Firmenich mencoba memaparkan tren dairy product yang marak di pasaran terutama pasar Asia Pasifik. “Dairy workshop ini diharapkan dapat memberikan ide-ide segar kepada para klien untuk menciptakan produk-produk baru dari susu, “ Jelas Santayana Leoputra dan Jacqueline Karina, Sweet Goods Team Firmenich Indonesia.
Dairy workshop yang digelar pada 6-10 Juni 2011 ini mengundang 10 klien Firmenich yang bergelut di dunia susu dan produk olahannya. Menurut pemaparan Firmenich Team, ada empat tren kunci dairy product di pasar Asia Pasifik, yakni dairy for nutrition, functionality, indulgence and experience, dan dairy for refreshment. Dari empat kunci ini, Firmenich dengan tim inovasinya mencoba menguraikan key trend tersebut menjadi konsep-konsep segar agar tercipta produk baru dan disukai di pasar.

Main driven atau key of trend dari dairy product yang pertama adalah dairy for nutrition, contoh produknya seperti susu tinggi kalsium, susu dengan vitamin yang komplit, susu dengan sereal (susu untuk breakfast), susu dengan superfruit (tambahan buah-buah seperti pomegranate, blueberry, kiwi, acai), atau susu dengan fruit and veggies. Yang kedua yakni, dairy for functionality yang mengarah kepada manfaat fungsional yang diperoleh setelah mengonsumsi susu. Seperti misalnya, susu untuk kesehatan pencernaan karena mengandung prebiotik dan probiotik, susu untuk kesehatan jantung (taking care of your heart) yang biasanya mengandung omega 3, susu untuk kesehatan otak yang mengandung gingko biloba, DHA, dan Vitamin B, atau susu untuk kesehatan mata yang mengandung minyak ikan. Selanjutnya yakni dairy for indulgence yang dapat memberikan kesan menyenangkan saat minum susu. Biasanya konsep ini dihubungkan dengan dessert, seperti susu pada es krim, yogurt, tiramisu, cheese cake, smoothies atau milkshake. Atau susu yang dikombinasikan dengan bahan-bahan lokal seperti susu rasa kacang hijau, kacang merah, atau susu rasa pepaya. Dan terakhir yakni dairy for refreshment yang menimbulkan kesan bahwa susu tersebut ‘segar’ dengan campuran bahan-bahan alami, seperti misalnya ada potongan buah dalam susu yang memberikan kesan bahwa produk tersebut fresh.
Digawangi oleh seorang Dairy Expert yang didatangkan langsung dari Firmenich Singapura, yakni Vivek Bhandari dan Yukiko Ando Ovesen seorang senior flavorist khusus dairy kategori, acara ini sukses menjawab kebutuhan para klien yang hadir.
Oleh : Fitria
(FOODREVIEW INDONESIA Edisi Agustus 2011)