How to Create Winning Product Innovation
Inovasi merupakan salah satu pendukung kunci sukses perusahaan. Agar terus tumbuh dan berdaya saing, industri pangan perlu terus berinovasi.
Sebanyak 84% eksekutif dunia percaya bahwa inovasi sangat penting bagi kemajuan bisnisnya. Namun dari angka tersebut, hanya 6% yang puas terhadap kinerja inovasinya. Selain itu, data yang ada menunjukkan, hanya 10% produk yang pernah dibuat yang mencapai tahap consumer testing. Dari angka tersebut, hanya 10% yang diluncurkan ke pasaran. Dan hanya 20% dari produk yang diluncurkan ke pasar yang dapat bertahan. Hal ini menggambarkan, inovasi memerlukan komitmen dan keseriusan. Sebab tidak semua produk yang dihasilkan dapat memasuki tahap komersialisasi.
Setiap produk pada dasarnya memiliki life cycle tersendiri, yang terdiri dari tahap pengenalan (introduction), pertumbuhan, growth, maturity, dan penurunan (decline) (lihat Gambar 1). Untuk mempertahankan pendapatan dan profi t, industri perlu menjaga agar tahap growth dan maturity selama mungkin. Cara lain yang bisa dilakukan oleh perusahaan adalah dengan melakukan inovasi. Kehadiran produk baru dapat menutupi tahap penurunan produk lama, sehingga pendapatan dan keuntungan perusahaan lebih terjaga
Oleh: Suseno Hadi Purnomo,
Pemimpin Umum FOODREVIEW INDONESIA
Selengkapnya artikel ini dapat dibaca di majalah FOODREVIEW INDONESIA edisi Juli 2015, yang dapat diunduh di www.foodreview.co.id