Arah Pengembangan Produk Pangan 2018


 

Dalam Global Food and Drink Trend 2018, Mintel menampilkan beberapa arah pengembangan produk pangan selama 2018 yang meliputi keterbukaan informasi, sensasi baru, self-fulfilling practice, perlakuan istimewa, dan science fare. Keterbukaan informasi produk merupakan bagian dari kesadaran konsumen terhadap keamanan produk yang dikonsumsi. Oleh karena itu, produk-produk yang menyajikan informasi ketertelusuran dari hulu ke hilir mulai banyak muncul. Mintel membagi jenis inovasi ini menjadi dua yaitu produk dengan klaim alami dan produk dengan klaim ramah lingkungan. Produk berklaim alami tumbuh 29% dan produk berklaim ramah lingkungan tumbuh 22% dari September 2016 sampai Agustus 2017. Angka tersebut lebih tinggi dibanding periode yang sama pada September 2006 sampai Agustus 2007 di mana produk berklaim alami dan ramah lingkungan masing-masing tumbuh 17% dan 1%. 

 

Pola hidup modern yang mengarah pada aktivitas padat dan tingkat stress yang tinggi juga menjadikan konsumen lebih memperhatikan kesehatan tubuh, termasuk menjaga pola makan yang mendukung kesehatan. Hal tersebut memunculkan kebutuhan konsumen akan produk pangan yang self-fulfilling practice. Konsumen lebih teliti dalam memilih ingridien yang seharusnya dikonsumsi dan ingridien yang harus dihindari.

Lebih lengkapnya dapat dibaca di FOODREVIEW Indonesia edisi "Snackification" | Desember 2017 | Untuk pembelian atau langganan majalah bisa hubungi langganan@foodreview.co.id

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...