Arah Pengembangan Produk Pangan 2018


 

Dalam Global Food and Drink Trend 2018, Mintel menampilkan beberapa arah pengembangan produk pangan selama 2018 yang meliputi keterbukaan informasi, sensasi baru, self-fulfilling practice, perlakuan istimewa, dan science fare. Keterbukaan informasi produk merupakan bagian dari kesadaran konsumen terhadap keamanan produk yang dikonsumsi. Oleh karena itu, produk-produk yang menyajikan informasi ketertelusuran dari hulu ke hilir mulai banyak muncul. Mintel membagi jenis inovasi ini menjadi dua yaitu produk dengan klaim alami dan produk dengan klaim ramah lingkungan. Produk berklaim alami tumbuh 29% dan produk berklaim ramah lingkungan tumbuh 22% dari September 2016 sampai Agustus 2017. Angka tersebut lebih tinggi dibanding periode yang sama pada September 2006 sampai Agustus 2007 di mana produk berklaim alami dan ramah lingkungan masing-masing tumbuh 17% dan 1%. 

 

Pola hidup modern yang mengarah pada aktivitas padat dan tingkat stress yang tinggi juga menjadikan konsumen lebih memperhatikan kesehatan tubuh, termasuk menjaga pola makan yang mendukung kesehatan. Hal tersebut memunculkan kebutuhan konsumen akan produk pangan yang self-fulfilling practice. Konsumen lebih teliti dalam memilih ingridien yang seharusnya dikonsumsi dan ingridien yang harus dihindari.

Lebih lengkapnya dapat dibaca di FOODREVIEW Indonesia edisi "Snackification" | Desember 2017 | Untuk pembelian atau langganan majalah bisa hubungi langganan@foodreview.co.id

Artikel Lainnya

  • Jul 09, 2025

    Pendugaan Pertumbuhan dan Inaktivasi Mikroba pada Pangan

    Pangan mengandung nutrisi yang diperlukan oleh mikroba untuk tumbuh dan berkembang hingga pada tingkat yang dapat memberikan keuntungan, menyebabkan kerusakan, atau menyebabkan penyakit pada manusia. ...

  • Jul 08, 2025

    RUA V GAPMMI 2025: Adhi S. Lukman Kembali Pimpin Asosiasi secara Aklamasi

    Gabungan Produsen Makanan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) sukses menggelar Rapat Umum Anggota (RUA) V tahun 2025 pada tanggal 8 Juli 2025 di Jakarta. Acara ini menjadi momentum penting untuk merefleksikan capaian dan tantangan yang telah dilalui industri makanan dan minuman Indonesia, sekaligus menandai berakhirnya masa bakti kepengurusan periode 2020-2025 yang dipimpin oleh Adhi S. Lukman. ...

  • Jul 07, 2025

    Mengkaji Ulang Asal-Usul Sambal Kacang

    Saat menikmati pecel, gado-gado, satai, ketoprak, atau otak-otak, rasanya sulit membayangkan hidangan-hidangan ini tanpa siraman sambal kacang yang gurih, manis, dan seringkali juga disertai dengan sensasi pedas dari cabai. Begitu eratnya bumbu ini dengan kuliner Nusantara, hingga seakanakan keberadaannya sudah menyertai hidangan tersebut sejak awal. ...

  • Jul 03, 2025

    Teknologi Pasteurisasi & Mikrofiltrasi Susu: Menjamin Keamanan Pangan, Mengoptimalkan Zat Gizi

    ...

  • Jun 25, 2025

    Food Taipei Mega Shows 2025 Resmi Dibuka

    Pameran FOOD TAIPEI MEGA SHOWS 2025 resmi dibuka hari ini, di Taipei Nangang Exhibition Center Hall 1 dan 2. Diselenggarakan oleh Trade Development Council (TAITRA), pameran ini akan menyatukan lima pameran secara serentak yakni FOOD TAIPEI, FOODTECH TAIPEI, BIO/PHARMATECH TAIWAN, TAIPEI PACK, dan TAIWAN HORECA. Berlangsung selama empat hari hingga Jumat, 28 Juni 2025, pameran ini memecahkan rekor dengan 1.700 peserta dan 45.000 booth, menegaskan posisi Taiwan sebagai pusat inovasi dan daya tarik dalam rantai pasok pangan global.  ...