Dalam Global Food and Drink Trend 2018, Mintel menampilkan beberapa arah pengembangan produk pangan selama 2018 yang meliputi keterbukaan informasi, sensasi baru, self-fulfilling practice, perlakuan istimewa, dan science fare. Keterbukaan informasi produk merupakan bagian dari kesadaran konsumen terhadap keamanan produk yang dikonsumsi. Oleh karena itu, produk-produk yang menyajikan informasi ketertelusuran dari hulu ke hilir mulai banyak muncul. Mintel membagi jenis inovasi ini menjadi dua yaitu produk dengan klaim alami dan produk dengan klaim ramah lingkungan. Produk berklaim alami tumbuh 29% dan produk berklaim ramah lingkungan tumbuh 22% dari September 2016 sampai Agustus 2017. Angka tersebut lebih tinggi dibanding periode yang sama pada September 2006 sampai Agustus 2007 di mana produk berklaim alami dan ramah lingkungan masing-masing tumbuh 17% dan 1%.
Pola hidup modern yang mengarah pada aktivitas padat dan tingkat stress yang tinggi juga menjadikan konsumen lebih memperhatikan kesehatan tubuh, termasuk menjaga pola makan yang mendukung kesehatan. Hal tersebut memunculkan kebutuhan konsumen akan produk pangan yang self-fulfilling practice. Konsumen lebih teliti dalam memilih ingridien yang seharusnya dikonsumsi dan ingridien yang harus dihindari.
Lebih lengkapnya dapat dibaca di FOODREVIEW Indonesia edisi "Snackification" | Desember 2017 | Untuk pembelian atau langganan majalah bisa hubungi langganan@foodreview.co.id