Perilaku Konsumsi Generasi Milenial Terhadap Produk Pangan


 

Generasi yang tumbuh pada masa sekarang ini disebut dengan generasi milenial. Selain sebagai penanda era kelahiran seseorang, milenial juga sudah menjadi sebuah gaya hidup. Generasi ini mengalami transformasi gaya hidup yang drastis terutama sejak munculnya pemanfaatan teknologi. Beberapa perilaku yang dimiliki generasi ini adalah cenderung menyukai produk dengan dengan karakter (i) brand story yang kuat, yaitu produk yang memiliki nilai cerita yang bisa dibagikan; (ii) attention seeker, yaitu mereka suka mengunggah status atau foto semenarik mungkin sehingga mendapatkan like atau komentar yang banyak; serta (iii) cepat tanggap terhadap produk yang baru diluncurkan namun juga mudah bosan.

 

Keinginan untuk diakui masyarakat serta ketertarikan akan hal yang baru, sedikit banyak memengaruhi perkembangan tren savory snack saat ini. Produsen snack banyak melakukan berbagai inovasi untuk menarik pasar milenial. Rasa dan kemasan yang unik sangat diminati oleh milenial untuk bisa dibagikan atau diunggah ke akun media sosial demi eksistensi mereka.

Lebih lengkapnya dapat dibaca di FOODREVIEW Indonesia edisi "Snackification" | Desember 2017 | Untuk pembelian atau langganan majalah bisa hubungi langganan@foodreview.co.id

Artikel Lainnya

  • Jul 09, 2025

    Pendugaan Pertumbuhan dan Inaktivasi Mikroba pada Pangan

    Pangan mengandung nutrisi yang diperlukan oleh mikroba untuk tumbuh dan berkembang hingga pada tingkat yang dapat memberikan keuntungan, menyebabkan kerusakan, atau menyebabkan penyakit pada manusia. ...

  • Jul 08, 2025

    RUA V GAPMMI 2025: Adhi S. Lukman Kembali Pimpin Asosiasi secara Aklamasi

    Gabungan Produsen Makanan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) sukses menggelar Rapat Umum Anggota (RUA) V tahun 2025 pada tanggal 8 Juli 2025 di Jakarta. Acara ini menjadi momentum penting untuk merefleksikan capaian dan tantangan yang telah dilalui industri makanan dan minuman Indonesia, sekaligus menandai berakhirnya masa bakti kepengurusan periode 2020-2025 yang dipimpin oleh Adhi S. Lukman. ...

  • Jul 07, 2025

    Mengkaji Ulang Asal-Usul Sambal Kacang

    Saat menikmati pecel, gado-gado, satai, ketoprak, atau otak-otak, rasanya sulit membayangkan hidangan-hidangan ini tanpa siraman sambal kacang yang gurih, manis, dan seringkali juga disertai dengan sensasi pedas dari cabai. Begitu eratnya bumbu ini dengan kuliner Nusantara, hingga seakanakan keberadaannya sudah menyertai hidangan tersebut sejak awal. ...

  • Jul 03, 2025

    Teknologi Pasteurisasi & Mikrofiltrasi Susu: Menjamin Keamanan Pangan, Mengoptimalkan Zat Gizi

    ...

  • Jun 25, 2025

    Food Taipei Mega Shows 2025 Resmi Dibuka

    Pameran FOOD TAIPEI MEGA SHOWS 2025 resmi dibuka hari ini, di Taipei Nangang Exhibition Center Hall 1 dan 2. Diselenggarakan oleh Trade Development Council (TAITRA), pameran ini akan menyatukan lima pameran secara serentak yakni FOOD TAIPEI, FOODTECH TAIPEI, BIO/PHARMATECH TAIWAN, TAIPEI PACK, dan TAIWAN HORECA. Berlangsung selama empat hari hingga Jumat, 28 Juni 2025, pameran ini memecahkan rekor dengan 1.700 peserta dan 45.000 booth, menegaskan posisi Taiwan sebagai pusat inovasi dan daya tarik dalam rantai pasok pangan global.  ...