Perilaku Konsumsi Generasi Milenial Terhadap Produk Pangan


 

Generasi yang tumbuh pada masa sekarang ini disebut dengan generasi milenial. Selain sebagai penanda era kelahiran seseorang, milenial juga sudah menjadi sebuah gaya hidup. Generasi ini mengalami transformasi gaya hidup yang drastis terutama sejak munculnya pemanfaatan teknologi. Beberapa perilaku yang dimiliki generasi ini adalah cenderung menyukai produk dengan dengan karakter (i) brand story yang kuat, yaitu produk yang memiliki nilai cerita yang bisa dibagikan; (ii) attention seeker, yaitu mereka suka mengunggah status atau foto semenarik mungkin sehingga mendapatkan like atau komentar yang banyak; serta (iii) cepat tanggap terhadap produk yang baru diluncurkan namun juga mudah bosan.

 

Keinginan untuk diakui masyarakat serta ketertarikan akan hal yang baru, sedikit banyak memengaruhi perkembangan tren savory snack saat ini. Produsen snack banyak melakukan berbagai inovasi untuk menarik pasar milenial. Rasa dan kemasan yang unik sangat diminati oleh milenial untuk bisa dibagikan atau diunggah ke akun media sosial demi eksistensi mereka.

Lebih lengkapnya dapat dibaca di FOODREVIEW Indonesia edisi "Snackification" | Desember 2017 | Untuk pembelian atau langganan majalah bisa hubungi langganan@foodreview.co.id

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...