Mengembangkan produk atau membuat produk dengan variasi yang baru bukanlah hal yang sulit. Tetapi, membuat produk tersebut bertahan dan digemari oleh konsumen secara terus - menerus adalah tugas yang harus dipenuhi oleh setiap industri pangan. Untuk dapat bersaing dan membuat produk baru bertahan, maka diperlukan beberapa pendekatan terhadap konsumen.
Melihat tren industri pangan menjadi salah satu cara untuk memenuhi tuntutan tersebut. "Ada banyak tren yang saat ini tengah menjadi perbincangan dan pertimbangan konsumen. Industri pangan harus dapat menangkap tren-tren tersebut," jelas Sales Excellence Director Asia Pasific Specialisty Food Ingredients Tate & Lyle, Philip Lin dalam Seminar "Making Food Extraordinary Tate & Lyle" yang diselenggarakan di Jakarta pada 18 Juli 2018 lalu.
Salah satu tren yang tengah meningkat adalah 'snackification'. Jika umumnya, kegiatan 'snackfication' lumrah dilakukan hanya pada saat siang hari, maka saat ini banyak dilakukan pada waktu malam hari dengan menambahkan beberapa nilai tambah seperti serat, herba, dan ingridien lain yang menyehatkan. Sehingga, meningkatkan keinginan konsumen untuk mengonsumsi produk tersebut tanpa kekhawatiran akan aspek kesehatan serta waktu konsumsi yang lebih bebas. Fri-35