Produk minuman atau adalah salah satu produk pangan yang selalu berkembang sesuai tren yang ada di masyarakat. Produk minuman dituntut untuk memberikan manfaat lebih bagi kesehatan tubuh. Mengikuti tren konsumen sangat penting bagi setiap produsen untuk mengoptimalkan kualitas produk minuman.
Dalam In-Depth Seminar Ingredients & Technology for Signature Coffee, Tea, & Chocolate Based Beverages yang diadakan pada 30 Agustus 2018 di Bogor, General Manajer PT. Jerindo Sari Utama Freddy Andhisetiyawan menyatakan bahwa pertumbuhan industri minuman sangat potensial dan diproyeksikan akan meningkat hingga 7% pada tahun 2020.
Tren yang saat ini menguat di masyarakat di antaranya adalah minuman dengan manfaat kesehatan, minuman berkualitas tinggi, dan produk minuman specialty. Produsen minuman dengan konsep start-up semakin berkembang dan dapat bersaing dengan produsen skala industri terutama pada tren minuman specialty. Pasar konsumen produk dengan konsep start-up kebanyakan berasal dari generasi muda millenial yang telah beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Fri-36.