Kunci Stabilisasi Pangan




Salah satu kebutuhan pokok masyarakat yang harus selalu dipenuhi adalah pangan, khususnya beras. Sebagai negara dengan pangan pokok berupa nasi, beras menjadi bahan pangan yang paling krusial di Indonesia dan harus dijaga ketersediaannya. Kunci stabilisasi tersebut salah satunya yaitu manajemen stok atau pasokan. Jumlah pasokan yang tidak stabil akan berdampak pada kurangnya ketersediaan dan melonjaknya harga beras, yang nantinya akan berdampak pada stabilitas ekonomi. 

"Tanpa adanya stok, mustahil akan mencapai stabilisasi. Manajemen pasokan menjadi penentu utama dalam menjaga stabilisasi beras, tentunya dari hulu, yaitu peningkatan produksi beras. Perbaikan segala aspek produksi seperti fasilitas dan jaminan untuk petani, infrastruktur dan transportasi di daerah yang memadahi, hingga pendampingan terhadap petani akan mampu meningkatkan hasil produksi. Jika produksinya stabil, makan stok juga dipastikan akan stabil," jelas Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya, Arief Prasetyo Adi, dalam Kuliah Umum tentang Pangan dengan tema From Farm to Table yang diselenggarakan pada 22 April 2019 di Universitas Bakrie Jakarta. Fri-37

 

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...