Perlukah Plain Packaging Diterapkan?


 

Dunia pengemasan tengah mengalami tantangan terkait dengan penerapan plain packaging atau desain kemasan polos. Desain kemasan polos telah banyak direalisasikan oleh pemerintah di beberapa negara di dunia. 

Pada dasarnya, peraturan terkait pembatasan kemasan polos sudah mulai terjadi di Indonesia sejak tahun 2014. Namun, aturan ini masih belum cukup dirasakan oleh banyak pihak karena kebijakan ini menyasar khusus produk tembakau.

Namun, di awal tahun 2019, semakin banyak negara lain yang mengumumkan untuk mulai memperlebar cakupan kebijakan mereka ke produk konsumsi yang dianggap memiliki risiko kesehatan, termasuk Indonesia. 

Menanggapi hal ini, Direktur Industri Hasil Hutan dan Perkebunan, Kementerian Perindustrian RI, Edy Sutopo mengungkapkan bahwa industri kemasan saat ini tengah berada di masa pertumbuhan yang cukup signifikan. 

"Yang perlu dicermati dari kebijakan ini adalah bagaimana kelangsungan bisnis industri kemasab dan turunannya bisa memberikan nilai lebih bagi kobsumen serta membawa dampak baik bagi sekitarnya," terangnya dalam Forum Group Discussion "Packaging & Branding Industry 4.0, No Branding - What do you think?" yang diselenggarakan oleh Indonesian Packaging Federation (IPF) di dalam rangkaian pameran Food & Hotel Indonesia di Jakarta, 24 Juli 2019. 

Business Development IPF, Ariana Susanti menuturkan dalam kesempatan yang sama bahwa harus ada kajian yang menyeluruh terkait dengan kebijakan kemasan polos ini. 

 

"Melihat implementasinya yang kian eksesif, kita perlu mengkaji dampak-dampak yang mungkin ditimbulkan terutama dalam hal persaingan antar pemilik produk dan konsumen itu sendiri," pungkasnya. Fri-35

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...