In Pursuit of Perfect Gourmet




Pangan impor menjadi bisnis yang sangat penting dan sukses di China, ditunjukkan dengan pertumbuhan tahunan yang meningkat antara 20-30 persen dan secara perthitungan lebih dari 35 persen penjualan perusahaan di kawasan Asia Pasifik, kata Patricia Spittau, head of the imported food department at Metro China, yang mengoperasikan 63 hypermarket di 39 kota di China. Dia mengatakan, susu, wine, dan minyak zaitun adalah yang paling banyak dicari (best seller).

Konsumen China membeli pangan impor lebih karena rasa ingin tahu. Mereka membeli produk bukan karena manfaat kesehatan yang didapat dari melainkan lebih kepada efek psikologis. Budaya mengonsumsi makanan impor (internasional) berkembang di beberapa kota besar China seperti Beijing dan Shanghai. Keingintahuan masyakarat China akan produk impor sangat dipengaruhi dari televisi, film, dan internet.

Menurut US Food Industry Association, pendapatan pangan impor di China mengalami lonjakan hingga 15% per tahun. Di tahun 2018, China diperkirakan akan menghabiskan lebih dari 50 juta RMB untuk belanja produk impor. Nilai pasar diperkirakan akan mencapai 4,8 triliun RMB saat itu. Untuk itu, SIAL China 2013 menjadi tempat yang tepat mempromosikan produk dengan target konsumen China.

Sebanyak 2.200 exhibitor baik dari industri pangan dan horeka (hotel, restoran, dan catering) dalam dan luar negeri akan ikut dalam pameran yang mengambil area seluas 85.000 sqm ini. Diperkirakan ada 46 ribu pembeli profesional dari dalam dan luar negeri akan hadir dalam pameran yang berlangsung selama 3 hari (7-9 Mei 2013) di Shanghai New International Expo Center ini.

Acara dibagi dalam products zones (teh & kopi,wine & spirits,organick dairy, seafood, buah & sayur, chocolate world, sweets&snacks, meat, halal, dan lain-lain) dan 4 tasteful dedicated events yang akan digelar untuk memanjakan lidah para visitor. Empat event tasteful yang akan dilaksanakan yakni 6thEdition of La CUISINE by SIAL,9thEdition ofSIAL Innovation, 2ndEdition of Hospitality & Retail Forum, dan 2ndEdition of Chocolate World.

Artikel Lainnya