Kopi Cold Brew: Teknik Baru Seduh Kopi


 

Kopi merupakan minuman yang sangat populer, baik di dunia maupun di Indonesia.  Sejak 10 tahun terakhir, jumlah kedai kopi yang tumbuh di kota-kota besar Indonesia bertambah pesat.  Gayung bersambut karena negara kita sebagai penghasil kopi. Masyarakat luas mengenal kopi diperoleh dengan cara mengekstrak bubuk kopi atau kopi giling dengan menggunakan air panas. Sensasi warna hitam, pahit, asam dalam keadaan panas adalah kebiasaan yang mereka nantikan pada pagi atau sore hari.  Akan tetapi kini juga muncul kopi yang diseduh tanpa melibatkan panas, yang dikenal dengan kopi cold brew.  Kopi jenis ini mempunyai rasa kurang asam, lebih manis dan body yang soft.  Di Amerika Serikat, peningkatan permintaan kopi cold brew sangat pesat, mencapai 580% sejak tahun 2011 hingga 2016. 

 

Selama ini yang dikenal masyarakat adalah kopi berwarna hitam, dengan rasa asam, pahit.  Kopi diseduh menggunakan air panas dengan beberapa metode seperti (i) direbus (decoction) dalam air selama beberapa waktu dan menghasilkan ekstrak lebih pekat, akan tetapi senyawa volatilnya banyak yang hilang, (ii) perendaman (infusion) dalam air panas, menghasilkan seduhan medium, (iii) menggunakan tekanan yang disertai dengan peristiwa perkolasi, jarang digunakan oleh masyarakat awam, tetapi kedai kopi prefesonal yang menghasilkan seduhan tipe espreso.  Ketiga model seduhan tersebut yang dikenal masyarakat luas tersebut menggunakan air panas sebagai media pengekstraknya. 

Lebih lengkapnya silakan baca di Foodreview Indonesia edisi Agustus 2018, Beverages: nutrition matters
Pembelian & Berlangganan hubungi kami : langganan@foodreview.co.id / 0251 8372 333 / WA 0811 1190 039

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...