Tren Utama Produk Makanan Ringan


 

Seiring berkembangnya gaya hidup, tren konsumen juga mengalami perkembangan dan perubahan yang cukup signifikan dari waktu ke waktu. Dalam industri pangan, makanan ringan termasuk dalam produk yang memiliki ombak perubahan tren yang cukup tinggi. 

 

Makanan ringan telah muncul sebagai alternatif dari pangan secara umum dalam pola perilaku konsumen. Pendapatan yang lebih tinggi, sebagai hasil dari urbanisasi yang berkembang, dan meningkatnya preferensi untuk makanan enak yang dapat dikonsumsi kapan saja, telah memicu pertumbuhan industri makanan ringan.

Menurut Global Head of Sales Cocoa, Chocolate and Nuts, Niklaus Gutgsell, terdapat dua tren utama dalam produk makanan ringan konsumen, yakni premiumisasi serta aspek kesehatan dan gizi. 

“Premiumisasi ialah suatu proses yang menggunakan karakteristik, sifat, atau fitur suatu produk untuk meningkatkan persepsi konsumen, dengan tujuan menciptakan kemauan untuk membayar lebih. Tiga kunci untuk mencapai premiumisasi antara lain pengemasan, channel, serta ingridien,” terang Niklaus dalam Buhler Webinar dengan topik Introduction to Cocoa and Chocolate Processing Webinar pada 28 April 2020.

Sedangkan untuk aspek kesehatan dan gizi, lanjut Niklaus, revolusi tren makanan ringan yang menyehatkan sedang menjadi fokus global didukung oleh regulasi serta pilihan masyarakat. Saat ini, produk generasi terbaru dengan klaim “better-for-you” lebih disukai konsumen seiring dengan gaya hidup masyarakat yang lebih baik. 

“Produk inovatif dengan penggunaan bahan fungsional, kenyamanan, dan kemajuan di bidang teknologi pengemasan akan memberikan peluang pertumbuhan produk makanan ringan di masa depan,” pungkas Niklaus. Fri-37

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...