Produk Pilihan Konsumen Indonesia 2023



Ceria dan menyenangkan adalah kriteria yang diproyeksikan dapat mengambil hati konsumen Indonesia, terutama di tengah tantangan resesi ekonomi dan biaya hidup yang semakin meningkat di tahun ini. 

Hal itu ditunjukkan oleh Riset Mintel Global Consumer mengenai beberapa kriteria produk pangan  yang diminati oleh konsumen Indonesia pada tahun 2023.  Hasil risetnya juga memperlihatkan, satu dari tiga (33%) konsumen Indonesia merasa kondisi keuangan cukup baik, namun tidak memiliki tabungan yang cukup karena habis untuk memenuhi berbagai kebutuhan dasar. 

Kendati demikian, konsumen Indonesia masih tertarik untuk mencoba hal baru (adventure) dan menyenangkan (playfulness). “Di masa-masa sulit, konsumen cenderung menghibur diri dengan memilih produk pangan yang enak. Namun, produk pangan enak dan menyenangkan seringkali dipasarkan sebagai produk yang berdosa atau tidak sehat. Untuk itu, sebuah merek bisa menggunakan cara baru dalam mempromosikan rasa enak pada produknya ke konsumen sehingga menghilangkan rasa bersalah (guilty pleasure) saat mengonsumsinya,” kata Senior Food and Drink Analysist, APAC, Heng Hong Tan dalam Siaran Pers Mintel, 28 Februari 2023 lalu.

Lebih lanjut, Heng Hong juga menyebutkan bahwa minat pada pola hidup sehat dipengaruhi oleh pandemi dan sepertiga (35%) masyarakat Indonesia mengonsumsi makanan enak untuk mengurangi stres. Untuk itu, kini saatnya kembali memosisikan ulang produk dengan cara yang lebih menghibur seperti sebagai teman bersantai hingga untuk menghabiskan waktu di rumah. 

Selain itu, Heng Hong juga mengungkapkan tren lain yang juga terkait produk pangan seperti hubungannya dengan kedamaian luar angkasa (cosmic comfort). Ke depan akan semakin banyak merek produk pangan yang terinspirasi dari luar angkasa (seperti protein bubuk dan fermentasi tanpa gravitasi). 

“Tidak hanya dari segi inovasi produk, tetapi juga dalam tema komunikasi pemasarannya. Hal ini akan sangat luar biasa terutama bagi Gen Z yang memiliki ketertarikan pada hal-hal misterisu di luar angkasa sana. Dari sini, merek dapat memenuhi keinginan generasi muda terutama pada aspek penemuan baru (discovery) dan kedamaian spiritual (spiritual wellness),” pungkasnya. Fri-35

Artikel Lainnya

  • Des 03, 2024

    Autentifikasi Pangan: Jaminan Keamanan, Mutu & Keaslian Selama masa simpan

    ...

  • Nov 28, 2024

    Time Horizon dalam S&OP

    Panjang waktu (time horizon) yang dilibatkan dalam proyeksi permintaan dan pasokan dalam siklus Sales and Operations Planning (S&OP) dapat bervariasi tergantung pada sifat industri, karakteristik produk, dan kebijakan perusahaan. ...

  • Nov 27, 2024

    PENDUGAAN Masa Simpan Produk Pangan

    Kerusakan pangan merupakan kondisi di mana suatu produk pangan mengalami perubahan yang signifikan sehingga tidak lagi aman atau layak untuk dikonsumsi. Hal ini dapat berupa perubahan penampilan, tekstur, aroma, rasa maupun nilai gizi. ...

  • Nov 26, 2024

    Label Pangan: Jendela Informasi bagi Konsumen

    Label pada kemasan pangan olahan yang kita temui di warung, toko, pasar, atau platform online, memiliki peran penting. Label ini, yang bisa berupa stiker, cetakan langsung pada kemasan, atau bagian dari kemasan itu sendiri, berfungsi memberikan informasi yang benar dan jelas kepada konsumen. Informasi tersebut meliputi nama produk, komposisi bahan, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, serta keterangan lainnya yang dibutuhkan. Konsumen berhak mengetahui sejelasjelasnya kondisi produk pangan yang dikemas sehingga memberikan rasa aman saat membeli dan/atau mengonsumsi pangan olahan. ...

  • Nov 25, 2024

    Standardisasi Kemasan Pintar (Smart Packaging )

    Kemasan pangan telah berevolusi menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran produk pangan. Desain kemasan yang menarik dan informasi yang jelas pada label secara signifikan memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih dan membeli produk pangan.   ...