Ceria dan menyenangkan adalah kriteria yang diproyeksikan dapat mengambil hati konsumen Indonesia, terutama di tengah tantangan resesi ekonomi dan biaya hidup yang semakin meningkat di tahun ini.
Hal itu ditunjukkan oleh Riset Mintel Global Consumer mengenai beberapa kriteria produk pangan yang diminati oleh konsumen Indonesia pada tahun 2023. Hasil risetnya juga memperlihatkan, satu dari tiga (33%) konsumen Indonesia merasa kondisi keuangan cukup baik, namun tidak memiliki tabungan yang cukup karena habis untuk memenuhi berbagai kebutuhan dasar.
Kendati demikian, konsumen Indonesia masih tertarik untuk mencoba hal baru (adventure) dan menyenangkan (playfulness). “Di masa-masa sulit, konsumen cenderung menghibur diri dengan memilih produk pangan yang enak. Namun, produk pangan enak dan menyenangkan seringkali dipasarkan sebagai produk yang berdosa atau tidak sehat. Untuk itu, sebuah merek bisa menggunakan cara baru dalam mempromosikan rasa enak pada produknya ke konsumen sehingga menghilangkan rasa bersalah (guilty pleasure) saat mengonsumsinya,” kata Senior Food and Drink Analysist, APAC, Heng Hong Tan dalam Siaran Pers Mintel, 28 Februari 2023 lalu.
Lebih lanjut, Heng Hong juga menyebutkan bahwa minat pada pola hidup sehat dipengaruhi oleh pandemi dan sepertiga (35%) masyarakat Indonesia mengonsumsi makanan enak untuk mengurangi stres. Untuk itu, kini saatnya kembali memosisikan ulang produk dengan cara yang lebih menghibur seperti sebagai teman bersantai hingga untuk menghabiskan waktu di rumah.
Selain itu, Heng Hong juga mengungkapkan tren lain yang juga terkait produk pangan seperti hubungannya dengan kedamaian luar angkasa (cosmic comfort). Ke depan akan semakin banyak merek produk pangan yang terinspirasi dari luar angkasa (seperti protein bubuk dan fermentasi tanpa gravitasi).
“Tidak hanya dari segi inovasi produk, tetapi juga dalam tema komunikasi pemasarannya. Hal ini akan sangat luar biasa terutama bagi Gen Z yang memiliki ketertarikan pada hal-hal misterisu di luar angkasa sana. Dari sini, merek dapat memenuhi keinginan generasi muda terutama pada aspek penemuan baru (discovery) dan kedamaian spiritual (spiritual wellness),” pungkasnya. Fri-35